witnessday

Baru Mulai Yoga? Awali dengan Surya Namaskar!

 

Pada beberapa artikel sebelumnya, saya sempat menceritakan manfaat dan juga berbagai aspek lain yang bisa dipelajari dari yoga. Semakin ke sini, mungkin sudah semakin banyak di antara teman-teman yang semakin mengerti dan mungkin menjadi familiar dengan yoga.

Ketika sedang berlatih asana; baik di The Loveground ataupun di tempat lain, sering sekali instruktur mengajak kita untuk melakukan Sun Salutation atau Surya Namaskar. Di beberapa kelas lanjutan, Surya Namaskar dijadikan sebagai warming up, namun di kelas basic ada seringkali kita diajak untuk melakukan Surya Namaskar dengan membedah satu per satu asananya.

Apa itu Surya Namaskar dan mengapa Surya Namaskar sering dimasukan dalam rutinitas berlatih asana?

Surya Namaskar atau Sun Salutation seringkali diartikan sebagai penghormatan terhadap matahari. Namun, akar dari kata “Nama” dari namaskar itu sendiri berarti “menunduk/memberi hormat” dan pada saat tertentu bisa juga diartikan sebagai “bukan aku”. Surya Namaskar sendiri seringkali dijadikan pemanasan karena gerakannya yang sederhana namun sudah tersusun lengkap dengan counter pose (pose yang digunakan untuk mengembalikan bagian tubuh yang dilatih agar kembali seimbang).

Namun, karena Surya Namaskar tersusun dari gerakan yang sederhana dan dijadikan sebagai rutinitas, tak jarang kita jadi tidak memperhatikan detail dari setiap gerakannya sehingga kita jadi mengabaikan kemampuannya untuk membuka dan juga mempersiapkan tubuh untuk berlatih asana lebih dalam lagi.

Padahal, jika kita melakukan Surya Namaskar dengan penuh kesadaran, dan mengamati semua detail gerakanya, kita bisa merasakan adanya perbedaan secara fisik, mental, emosional dan juga spiritual di setiap gerakannya. Pada saat kita meletakan tangan di depan dada, berdiri pada posisi tadasana, kita akan merasakan bumi yang menopang tubuh, kaki yang menjaga keseimbangan, tulang belakang yang menyokong tubuh agar tetap tegak dan bagian tubuh lainnya yang bekerja.

 

Begitu pula pada saat kita melakukan uttanasana atau gerakan sepert mencium lutut. Kita akan merasakan tubuh bagian atas yang berserah, melipat ke arah kaki. Merasakan ketegangan pada bagian belakang kaki dan juga tekanan yang lebih besar pada area telapak kaki. Dengan memperhatikan gerakan, sensasi, dan juga posisi tubuh, di saat itulah kita sedang menjalankan meditasi dengan pergerakan tubuh.

Surya Namaskar adalah sebuah jeda yang memisahkan kita dan segala pikiran yang membelenggu kita sebelumnya, membantu kita untuk kembali fokus ke diri sendiri, dan menjalin hubungan yang lebih erat dengan nafas kita. Dengan melakukan Surya Namaskar yang penuh perhatian seperti inilah kita bisa bergeser ke dalam “bhava”, keadaan di mana kita bisa mengolah pikiran melalui meditasi sehingga “rasa” (komunikasi yang terjalin dengan apa yang ada di dalam dan berada di sekitar kita) bisa tumbuh.

Pada dasarnya, tujuan utama dari berlatih asana bukan untuk menguasai pose-pose yang membutuhkan fleksibilitas ataupun kekuatan otot yang lebih. Namun bertujuan untuk dapat mengenal diri sendiri, meningkatkan kesadaran pada tubuh; apa yang kaku, yang mana yang lebih fleksibel, bagian mana yang perlu dilatih, apa saja yang muncul pada pikiran saat sebelum, selagi dan sesudah berasana, serta bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan baik pada setiap bagian tubuh kita.

 

Jadi bagi kamu yang masih baru mencoba latihan asana, tidak ada salahnya untuk berlatih Surya Namaskar secara rutin berulang-ulang. Tentunya bukan sekedar cepat dan benar secara gerakan, namun juga penuh dengan perhatian pada setiap pergerakan tubuhnya.

Saat ini, di The Loveground ada beberapa kelas berlatih asana yang bisa kamu coba. Jika tidak sempat, kamu juga bisa mencoba berlatih Surya Namaskar sendiri di rumah menggunakan video atau melihat siklus yang ada di atas. Selamat mencoba dan jangan lupa share pengalamanmu setelah berlatih Surya Namaskar secara rutin di kolom komentar!

 

Jadwal Yoga di The Loveground:
Selasa & Kamis: 07.00-08.00
Weekend: 09.30-10.45
Silakan hubungi 0811-9925-778 melalui WA untuk pendaftaran dan info lebih lanjut.

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter