Bagaimana cara menjinakkan rasa khawatir

Posted on Posted in witnessday

wpid-2015-04-12-01-01-42_deco.jpg

 

Pernahkah kamu merasa begitu khawatir hingga mencapai titik di mana kekhawatiran ini membuatmu takut, terjebak dengan waktu, mengganggu tidurmu atau bahkan kamu tidak bisa tidur sama sekali? Jika kamu pernah mengalaminya atau sedang mengalaminya saat ini, let me tell you.. saya tahu seburuk apa rasa khawatir ini bisa menyeretmu. Tapi, saya juga tahu bahwa situasi ini bisa diselesaikan.

 

Pertama-tama, ketahuilah bahwa ketika saya bilang kita bisa menjinakkan kekhawatiran kita, bukan berarti rasa khawatir itu akan hilang. Rasa itu bisa saja terus ada bersama kamu, untuk memberikan kamu peringatan ketika dibutuhkan, tapi JANGAN BIARKAN RASA KHAWATIR INI MENGALAHKAN KAMU.

 

Ketika kamu menjinakkan rasa khawatirmu, kamulah yang memegang peranan. Kamulah yang memegang kendali atas emosi kamu.

 

Saya melihat bahwa kebanyakan orang datang pada saya dengan begitu banyak kekhawatiran, dan mereka sama sekali tidak tahu bagaimana harus mengatasinya. Dan terkadang rasa ini sangat mengganggu mereka, membuat mereka tidak bisa berpikir jernih. Kekhawatiran ini mengganggu pekerjaan dan bahkan pernikahan mereka. Dan juga, orang-orang yang mempunyai kekhawatiran yang berlebih biasanya memiliki emosi yang tinggi.

 

Karenanya, kali ini saya akan membagikan tujuh tips praktis untuk dapat menjinakkan rasa khawatirmu. Kamu bisa mencobanya dan melihat perubahan apa yang dapat kamu rasakan dalam hidupmu.

 

1. Bersyukur

Memang tidak mudah untuk cepat puas, tapi setidaknya, bersyukurlah. Syukuri apa yang kamu dapat saat ini, apa yang kamu miliki, dan bersyukurlah atas hidup kamu. Masih banyak orang yang hanya memiliki sedikit tapi sangat berbahagia. Belajarlah dari mereka.

 

2. Be present

Berhenti untuk menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depanmu. Kamu tidak mempunyai mesin waktu, kamu tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi di masa lalu dan kamu hanya perlu berusaha untuk apa yang kamu inginkan terjadi di masa depan. Nikmati hidup kamu sekarang dan khawatirkan tentang masa depan hanya kalau waktunya tiba.

 

3. Lihat sekitarmu

Kamu terus mengeluh tentang hidupmu ketika masih banyak orang yang hidupnya jauh lebih buruk darimu. Kamu punya keluarga dan teman-teman yang menyayangi kamu di saat ada orang-orang yang bahkan tidak tahu siapa orangtua mereka. Kamu masih bisa menikmati hidupmu tanpa harus khawatir tentang membayar tagihan. Kamu masih bisa makan apapun yang kamu mau dan melakukan apapun tanpa harus memikirkan penyakitmu. Masih merasa kurang beruntung?

 

4. Keyakinan

Sangat penting untuk memiliki keyakinan. Keyakinan akan Tuhan, Alam Semesta, atau kekuatan yang lebih tinggi; terhadap dirimu dan mimpi-mimpi yang sedang kamu kejar. Dengan keyakinan yang kamu miliki, segalanya jadi lebih mudah. Jangan khawatir, semuanya akan baik pada akhirnya.

 

5. Buat rencana dan persiapan

Kalau membuat rencana dan persiapan bisa membuatmu merasa aman, lakukanlah. Beberapa orang merasa kurang nyaman ketika mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dan ini membuat mereka lebih khawatir. Jadi, lakukan risetmu dan buatlah rencana, berpeganglah pada targetmu, dan kamu akan merasa cukup aman untuk menghadapi masalah-masalahmu.

 

6. Berserah diri

Berserah dirilah, berhenti untuk berpikir berlebihan. Jangan paksakan, percayakan pada hukum dan cara kerja Alam Semesta untuk mengatur semuanya. Jika sesuatu memang akan terjadi, pasti kamu akan menemukan jalannya; kalau tidak, maka kamu hanya perlu menunggu rencana Tuhan untuk terjadi kepadamu.

 

7. Istirahatkan dirimu

Kebanyakan orang lupa untuk mengistirahatkan diri mereka ketika mereka sedang khawatir. Tidurlah, dan kalau kamu merasa masih butuh istirahat lebih, pergilah berlibur. Kadang kamu hanya butuh liburan yang berkualitas untuk dapat meredakan rasa khawatirmu. Menjauh dari masalahmu selama beberapa hari dapat menyegarkan pikiranmu dan mungkin kamu akan pulang dengan ide-ide baru untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

IMG_3627

 

Jadi, mana dari antara tujuh cara di atas yang akan kamu lakukan untuk menjinakkan rasa khawatirmu? Kamu bisa berbagi pengalamanmu di kolum komentar di bawah. Ini adalah daily practices saya, dan kalau ini berhasil pada saya, ini juga dapat berhasil pada kamu, kan?

 

Di pekerjaan saya, saya menemukan bahwa masalah yang dimiliki kebanyakan orang menjadi semakin runyam ketika mereka terlalu mengkhawatirkannya. Kalau kamu bisa berdamai dengan rasa khawatirmu, tentunya hidupmu tidak akan begitu berantakan.

 

Kalau kamu butuh dukungan untuk menjinakkan rasa khawatirmu yang berlebihan dan seseorang untuk membantu kamu menemukan jalan keluar untuk masalah-masalahmu, kamu bisa hubungi saya di sini.

 

Saya berharap kamu selalu sehat dan berbahagia menjalani hidup tanpa rasa khawatir bersama orang-orang terkasihmu.

 

Love and light,

Amelia Devina

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter