Apakah kamu seorang Empath? Waktunya untuk kamu mengatur batasan yang sehat

Posted on Posted in witnessday

witnessday

 

Apakah kamu masuk ke sebuah ruangan dan dengan tiba-tiba bisa merasakan sesuatu yang mencurigakan mengenai ruangan tersebut dan orang-orang di dalamnya? Apa kamu punya intuisi, perasaan enak atau tidak enak, saat pertama kali bertemu seseorang? Apakah kamu bisa secara otomatis merasakan kesedihan ketika seseorang di sekitarmu bersedih? Apakah kamu tipe orang seperti itu? Kalau kamu membaca ini dan merasa seperti saya sedang berbicara tentang kamu, bisa jadi kamu adalah seorang empath.

 

Menjadi seorang empath jauh lebih dari sekadar merasa sangat sensitif (peka); seorang empath bahkan bisa merasakan sensasi/ perubahan fisik dan desakan spiritual, dan juga mengetahui motif dan intensi dari orang lain. Seorang empath selalu terbuka pada perasaan dan energi orang lain, jadi biasanya mereka bisa terkena imbasnya hanya dengan berada bersama orang lain atau melihat orang lain merasa sedih atau marah. Earth Angel biasanya juga adalah seorang empath.

 

Empath cenderung menyerap perasaan orang lain dan memproyeksikannya kembali tanpa menyadari dari mana asalnya perasaan itu dalam dirinya. Kepedulian yang mereka miliki untuk orang lain kadang suka berlebih; mereka biasanya membuat masalah orang lain sebagai masalah mereka. Terkadang mereka rela bersusah payah dan berkorban untuk membantu orang lain.

 

Apakah kamu seorang empath? Kalau kamu masih belum yakin, di bawah ini adalah beberapa karakter dari seorang empath. Mari lihat apakah kamu seorang empath atau bukan.
-Mengetahui; empath mengetahui hal-hal tanpa diberitahu
– Merasakan emosi orang lain dan menyerapnya sebagai emosi personal
– Kamu tahu ketika seseorang sedang tidak jujur
– Pendengar yang baik
– Menyukai petualangan, kebebasan dan traveling: Empath adalah jiwa yang bebas
-Tidak tahan untuk menonton kekerasan, kejahatan atau tragedi di TV
– Berada di tempat umum yang ramai bisa membuat kamu kewalahan
– Memiliki kebiasaan mencandu: makanan, alkohol, obat-obatan, dan seks adalah contoh dari beberapa pelarian seorang empath, dengan tujuan untuk menghalau atau menutup diri dari emosi orang lain. Tanpa sadar, empath menggunakannya sebagai bentuk perlindungan diri untuk menghindar dari seseorang atau sesuatu.

 

Dengan hanya melihat daftar ini, bisa terlihat betapa seorang empath sangat perlu mengatur batasan yang sehat (healthy boundaries) sehingga mereka bisa tetap hidup tenang dan bahagia. Emosi yang tersimpan dan tertahan dapat merugikan kesehatan seseorang; semakin lama pikiran dan/atau emosi tidak dilepaskan, semakin besar kekuatan yang mereka bangun. Semakin lama, pikiran dan/atau emosi ini dapat meledak, atau bahkan melumpuhkan seseorang.

 

Empath INA

 

Kebutuhan untuk mengekspresikan diri dengan jujur, terbuka, dan apa adanya adalah bentuk penyembuhan diri, dan kesempatan ini terbuka untuk kita semua. Kalau tidak dilakukan, bisa-bisa mengakibatkan gangguan pada orang tersebut — ketidakstabilan mental/ emosional, atau terciptanya ketidaknyamanan fisik, dan timbulnya penyakit. Di bawah adalah cara-cara bagaimana seorang empath dapat menjaga batasan yang sehat untuk dirinya.

 

1. Tetap fokus/ hidup berkesadaran
Tetap jaga fokusmu pada sesuatu yang penting dalam hidupmu, jangan mudah teralihkan. Ketika kamu sudah terfokus pada sesuatu, tidak akan mudah bagi hal lain untuk mengusikmu. Mempraktekkan meditasi akan sangat bagus untukmu.

 

2. Berdoa
Tergantung kepercayaanmu, kamu bisa berdoa dan meminta bantuan pada Tuhan, malaikat, dll. untuk tetap menjagamu. Kepercayaanmu dan proteksi dari para makhluk ilahi akan melindungimu sebagaimana kamu butuh dilindungi.

 

3. Ikuti intuisimu
Kalau hatimu memberikan tanda-tanda tentang seseorang atau kondisi tertentu, ikuti saja. Contohnya: suara hatimu memberitahu untuk tidak percaya pada seseorang, lebih baik kamu menjaga jarak dan menjauh. Selalu percaya intuisimu.

 

4. Menyadari bahwa kamu terbawa suasana
Kalau kamu ingin mengubah situasimu, pertama kamu harus menyadari apa yang terjadi denganmu. Sadari bahwa kamu terhanyut dengan perasaan-perasaan orang lain, dan bahwa ini bukan urusanmu untuk khawatir. Jika kamu tenggelam dalam perasaan mereka, bagaimana kamu bisa membantu mereka?

 

5. Bangun perlindungan
Kalau kamu orang yang visual, kamu bisa memvisualisasikan proteksi yang terbuat dari bola besar cahaya putih terang untuk melindungimu. Atau cukup dengan berintensi dan menggunakan kata-katamu untuk membangun jenis perlindungan yang sama. Kamu bisa menggunakan perlindungan sebagai filter agar hanya cinta dan cahaya kebaikan yang dapat masuk menemuimu.

 

6. Perhatikan konsumsimu
Apa yang kamu konsumsi berperan besar dalam hidupmu. Teman-teman, lingkungan, informasi yang kamu izinkan untuk masuk dalam pikiranmu, makanan dan minuman; hal-hal ini berkontribusi membangun batasan yang sehat untuk dirimu.

 

7. Tingkatkan energimu sendiri
Ketika kamu meningkatkan energimu sendiri, energi orang lain tidak akan berpengaruh banyak padamu. Kamu bisa melakukannya dengan memproyeksikan kedalaman cinta yang kamu rasakan dari Tuhan atau Alam Semesta, dengan merasa bersyukur, dengan memompa energi positifmu, dan dengan menghubungkan dirimu kepada keagungan sekitar dan yang kamu miliki di dalam. Juga jaga tubuhmu tetap sehat dengan melakukan olahraga rutin.

 

Jadi, apakah kamu seorang empath? Kalau ya, bagaimana kamu menghadapinya selama ini? Silakan bagikan pengalamanmu dan mungkin empath yang lain dapat belajar dari kamu 🙂

 

Dear Earth Angels, dear Empaths, dear highly sensitive ones… saya harap artikel ini dapat mengingatkan kamu untuk kembali terhubung dengan alasan-alasan mengapa kamu ada di sini (di Bumi ini). Gunakan bakat terbesarmu bukan untuk membuatmu merasa takut, tapi malah sebagai aset yang bisa kamu gunakan untuk membantu dirimu dan orang lain di sekitarmu. Ketika kamu sudah menemukan bagaimana cara menghadapi hatimu yang sensitif, kamu akan menyadari bahwa kamu jauh lebih kuat dari yang kamu pikir.

 

Ya… hatimu, perasaanmu, energimu adalah aset terbesarmu. Gunakan  sebaik mungkin.

 

Terima kasih banyak dan sampai jumpa!

 

Love and light,

sign

 

 

 

 

PS: Kalau kamu mengenal Earth Angel Empath/ orang super sensitif yang bisa diuntungkan dengan membaca artikel ini, bagikan ini kepada mereka. Kita berada di kapal yang sama, jadi mari berikan perhatian kepada satu sama lain! 🙂

 

ameliadevina1Amelia adalah serang Quantum Healing Practitioner & Intuitive Coach. Misinya adalah membantu orang lain untuk menemukan siapa diri mereka sebenarnya, mengapa mereka ada di sini, dan bagaimana untuk menjadi diri mereka yang sejati. Ia melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari quantum healing, card reading, chakra wisdom healing, meditasi, dan menyalurkan pesan dari Semesta lewat life coaching. Saat ini Amelia terus melakukan one-on-one terapi dan coaching, juga berbagai kelas offline dan online, workshop dan retreat. Ia secara rutin tetap berbagi ilmu gratis lewat langganan newsletter yang bisa diakses di ameliadevina.com. Amelia bisa dihubungi lewat email hello@ameliadevina.com, halaman facebook Amelia Devina, dan instagram/ twitter @ameliadevina777.

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter