witnessday

Apa Itu Kundalini?

Bagi teman-teman yang sedang asyik mempelajari spiritual, biasanya cukup familiar dengan istilah Kundalini. Namun mungkin ada di antara teman-teman yang masih belum mengerti apa itu Kundalini, bagaimana Kundalini bekerja dan apa pengaruh dari Kundalini dalam kehidupan sehari-hari.

Kundalini adalah terminologi Sanskrit dari India kuno yang merujuk kepada energi dan kesadaran yang selama ini tertanam pada dasar tulang belakang sejak lahir, di mana hal tersebut adalah sumber dari energi kehidupan (yang sering disebut sebagai energi prana, chi, bio-energy).

Ketika membahas Kundalini sendiri sangat dekat keberadaannya dengan Chakra. Bayangkan titik-titik chakra pada tubuh kita sebagai sebuah jalur bagi Kundalini. Setiap Chakra yang dilewatinya akan menjadi aktif dan memberikan efek yang luar biasa. Pada momen tersebut, kita akan mengalami berkembangnya kesadaran.

Aktifnya Kundalini akan memudahkan kita untuk mendapatkan pandangan, pengetahuan dan intuisi lebih luas. Selain itu, kita juga akan memiliki perhatian yang jauh lebih besar. Tidak berhenti sampai di sana, karena Kundalini adalah energi yang besar, maka ketika aktif akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Namun, diimbangi dengan kebijaksanaan yang kita dapatkan, kita juga akan menjadi manusia yang lebih melayani dan akan mendapatkan ketenangan serta kedamaian.

Namun aktifnya Kundalini meninggalkan pengalaman berbeda pada setiap orang; Bagi beberapa orang, pengalaman ini bisa menjadi sangat menyenangkan, penuh dengan cinta kasih dan keterhubungan dengan semua hal. Ia bisa menyikapi meluasnya pengetahuan, intuisi, cinta kasih dan kemampuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan sangat baik dan penuh kebijaksanaan sehingga ia bisa mendapatkan ketenangan dan juga kedamaian.

Namun, bagi beberapa orang lainnya, pengalaman ini bisa menjadi pengalaman terburuknya. Ia bisa jadi merasa terpojok akan semua kemampuan dan pengetahuan yang ia dapatkan. Dan bisa jadi karena aktifnya Kundalini, ia malah menjadi depresi dan meninggalkan pengalaman buruk pada kehidupannya.

Maka dari itu, pengetahuan mengenai Kundalini dan bagaimana cara mengaktifkannya membutuhkan pendampingan dari guru spiritual atau guru meditasi yang berpengalaman. Karena jika tidak diberikan pendampingan yang tepat, kita malah tidak mendapatkan manfaat yang kita inginkan.

Ada beberapa cara yang aman untuk mengenal Kundalini lebih jauh, salah satunya adalah dengan rutin menjalankan Kundalini Yoga dan latihan pernapasan. Dengan begitu, kita bisa mengetahui lebih lanjut dan mendapat kebijaksanaan mengenai Kundalini.

Apakah kamu salah satu yang penasaran untuk mengenal lebih jauh tentang Kundalini? Jika ya, jangan ragu untuk menulis komen di bawah ini!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter