7 Cara Sederhana untuk Lebih Membumi

Posted on Posted in witnessday

 

Apakah kamu seringkali moody, melupakan beberapa hal dan juga ceroboh? Jika ya, maka berkomunikasi dengan alam mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk membantumu agar lebih membumi (grounded). Seperti namanya, “membumi” berarti menjadi sadar sepenuhnya akan saat ini, menyadari apa saja yang terjadi pada kita saat ini. Dengan menjadi lebih membumi, berarti kamu lebih fokus dengan dirimu saat ini dan tidak mudah terombang-ambing dengan keadaan sekitar.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membagikan beberapa cara untuk berkomunikasi dengan alam. Namun, bagi kamu yang merasa kesulitan untuk menemukan waktu dan tempat untuk “bersentuhan langsung” dengan alam, saat ini saya akan membagikan cara yang lebih mudah untuk melakukannya.

1. Konsumsi Makanan dari Bumi

Di setiap tubuh manusia memiliki chakra, 9 titik yang menghubungkan jalannya energi. Salah satu cara yang dapat membantu kamu untuk lebih membumi adalah dengan mengaktifkan root chakra. Dengan mengkonsumsi makanan dari Bumi seperti kentang, wortel, dan juga sayuran lainnya akan memberikan efek menenangkan bagi root chakra.

2. Meditasi Akar Pohon

Bagi beberapa orang yang sangat sulit untuk fokus dan mudah sekali menjadi khawatir, energi yang terdapat di tubuh orang tersebut biasanya mengalir dengan cepat dan tidak menentu. Root chakra yang aktif dan seimbang dapat membantumu untuk menyeimbangkan energi tersebut sehingga energi dapat menjadi lebih tenang dan mengalir secara beraturan.

Biasanya orang seringkali berlatih meningkatkan fokusnya dengan meditasi menggunakan objek pernapasan. Namun untuk kali ini, kamu bisa mencoba untuk memvisualisasikan tubuhmu sebagai pohon. Cobalah untuk duduk tegak dan bayangkan tubuhmu sebagai pohon yang akarnya bertumbuh ke bawah, mengakar semakin dalam dan semakin luas sampai ke dasar bumi. Semakin dalam dan semakin banyak, semakin juga kamu merasa solid, tenang, aman, didukung, dan kuat. Lakukan meditasi ini setiap bangun tidur selama 3-5 menit untuk membantumu agar lebih fokus dan solid sebelum mulai beraktivitas.

3. Lakukan Gerakan Yoga

Masih ingat root chakra yang saya ceritakan pada poin sebelumnya? Root chakra memiliki peran yang sangat besar dalam membantu kamu untuk lebih membumi. Maka sebaiknya kita mencoba berbagai cara untuk mengaktifkannya sehingga energi yang mengalir pada tubuh kita dapat melalui root chakra tanpa hambatan. Cara lain untuk mengaktifkannya adalah dengan melakukan gerakan Yoga.

Gerakan-gerakan yoga merupakan gerakan-gerakan yang dapat membantu kamu untuk menemukan keseimbangan dan merasakan dukungan yang diberikan Bumi kepada kamu. Dengan melakukan sun salutation beberapa set setiap harinya dapat membantu kamu untuk menjadi lebih fokus, seimbang dan percaya diri.

4. Menggunakan Essential Oil
Essential oil memiliki kualitas kandungan yang luar biasa (baik secara energi dan vibrasi) yang mampu membantu menyeimbangkan energi pada chakra yang terasa hingga ke tubuh fisik. Maka dari itu, menggunakan essential oil seperti angelica root, cedarwood, frankincense dan patchouli dalam berbagai bentuk (parfum, perawatan wajah dan tubuh maupun untuk aromatherapy) dapat membantu kamu dalam menyeimbangkan energi pada root chakra

5. Berjalan Kaki Tanpa Alas Kaki
Ketika kamu berada di rumah, kamu tidak menggunakan alas kaki, bukan? Selain di rumah, untuk dapat kembali terhubung dengan Ibu Bumi, kamu bisa mencoba berjalan tanpa alas kaki di halaman rumah, di atas rerumputan, atau tempat terbuka lainnya.
Dengan begitu, kamu merasakan bahwa Ibu Bumi adalah rumahmu yang selalu memberikan dukungan terbaiknya sehingga kamu bisa hidup dan tinggal di atasnya. Rasakan dan nikmati rasanya disokong, diterima, dan dijaga sepenuhnya oleh Ibu Bumi yang mencintai kamu apa adanya.

6. Menggunakan Kristal

Pengguanaan kristal untuk chakra dapat membantu kamu untuk menyeimbangkan energi yang penting untuk kesehatan emoisional dan juga fisik. Setiap kristal memiliki fungsinya masing-masing; baik untuk menyeimbangkan maupun menguatkan chakra yang kamu fokuskan. Dalam memilih kristal sendiri, kamu harus memahami berbagai aspek pada kristal, termasuk kualitas energi, warna dan juga resonansi yang dirasakan ketika kamu bersamanya.

Untuk menyeimbangkan root chakra, kamu bisa menggunakan kristal seperti Red Jasper, Smoky Quartz dan Hematite. Lalu, kamu bisa meletakkan kristal tersebut pada area kaki atau lokasi di mana root chakra berada (pangkal paha).

7. Membuat To Do List

Ketika kamu bingung ketika harus mengadapi berbagai macam hal sekaligus, cobalah buat to do list untuk membantumu agar lebih teratur. Menyusun to do list akan membantumu untuk menjadi lebih fokus, terencana dan juga meyadari keadaan di sekitarmu. Dengan begitu, kamu akan tahu hal apa yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu dan yang mana yang cocok dikerjakan di akhir hari. Cobalah untuk membuat to do list secara teratur; baik ketika sedang bekerja, maupun ketika sedang melakukan hal lainnya di rumah.

Bagi orang yang sering melamun dan sulit untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya, ketujuh cara ini boleh dicoba untuk dilakukan secara rutin. Selain bisa membantumu untuk lebih membumi, kamu juga bisa menjadi lebih sehat baik secara fisik dan emosional.

Namun, jika kamu ingin melakukan personal session khusus agar hidup bisa semakin membumi, kamu bisa menghubungi saya untuk sharing mengenai meditasi, rekomendasi essential oil yang sesuai dan bersama-sama dengan kamu merancang langkah praktis untuk bisa lebih fokus. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share the love...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter