witnessday

5 Latihan Sederhana untuk Dapat Berkomunikasi dengan Inner Self

 

Di beberapa artikel sebelumnya, saya sempat membahas mengenai bagaimana cara membedakan antara intuisi (inner self) dan pemikiranmu. Selain itu, saya juga sempat membahas mengenai berbagai bentuk dan media yang biasa digunakan oleh intuisi agar dapat berhubungan denganmu. Apakah kamu sudah membaca kedua artikel tersebut? Dan apakah saat ini kamu sudah bisa berkomunikasi dengan baik bersama dengan inner guide, inner voice atau inner self?

Berkomunikasi dengan inner self memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika kita terbiasa untuk dipimpin dan bergerak berdasarkan pemikiran dan ego kita. Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan membagikan 5 cara mudah untuk dapat berkomunikasi dengan inner self lebih intense lagi.

1. Perhatikan Keberadaannya

Seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel sebelumnya, inner self berkomunikasi dengan kita melalui berbagai cara. Salah satu cara yang bisa kita rasakan adalah dengan memperhatikan energi yang muncul dan bergerak. Selama seharian penuh, coba perhatikan pergerakan energi yang ada di dalam diri ketika sedang dihadapkan pada beberapa pilihan, atau bahkan ketika kamu bertemu dengan orang baru.

Ketika intuisimu berkata, “Ya, ini bagus! Ini adalah jalannya!” kamu akan menjadi lebih ringan, engeri mengalir dengan mudah dan diri menjadi lebih berkembang. Sedangkan, ketika intuisimu berkata, “Tidak, coba lagi.. Bukan ini jalannya.” kamu akan merasa lebih berat, ada aliran energi yang tertahan dan energi menjadi terbatas.

2. Melakukan Segala Sesuatu dengan Lebih Lambat

Ketika kita menjalani hidup yang bergerak begitu cepat, ego kita seringkali menjadi penunjuk jalannya. Ego mendorong kita untuk melakukan lebih banyak dan lebih cepat. Namun, ketika kamu mengambil waktu lebih banyak untuk melambat, kamu akan mulai merasakan kemunculan intuisi. Dengan memperlambat semua kegiatan, berarti kamu sudah menyediakan ruang kosong untuk inner self-mu agar muncul ke permukaan.

Ketika kamu bergerak lebih lambat, bernapas lebih dalam, dan menemukan ketenangan, intuisi biasanya menjadi lebih mudah untuk dirasakan. Cobalah untuk lebih melambat.. Membaca artikel ini lebih perlahan atau bahkan berhenti sejenak. Ambil 5 tarikan nafas yang dalam, ajak tubuhmu untuk melembut dan mengikuti arus. Coba sapa dan sambut kembali dirimu saat ini. Semakin kamu menyadari keberadaanmu saat ini, maka kamu akan menjadi lebih jernih dalam merasakan kehadiran inner self-mu.

3. Melatih Intuisi

Intuisi bekerja layaknya otot pada tubuh; setiap kali kamu melatihnya, maka akan semakin kuat dirinya. Kamu bisa mencoba berbagai cara untuk melatihnya; mulai dari menebak tim yang menang pada suatu perlombaan, menebak siapa yang menelepon atau menghubungimu, menyusun agenda harian menggunakan intuisi atau juga menebak kepribadian seseorang hanya dengan melihat fotonya.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membiarkan tubuhmu menjalankan hobby hanya dengan berdasarkan arahan inner self; entah itu auto-writing, auto-dancing ataupun auto-singing. Bagi kamu yang senang jalan kaki atau lari, bisa juga membiarkan kaki melangkah kemanapun yang diinginkannya.  Biarkan saja inner guide menggerakkan tangan, tubuh, dan mulut kita.

Hal yang paling seru dari latihan ini adalah kamu bisa menjadi sangat kreatif sambil menjalankan latihan yang sangat powerful! Bersenang-senanglah sambil melatih intuisimu dengan berbagai cara yang berbeda setiap harinya.

4. Percaya dan Yakin

Ini adalah hal yang paling sering menjadi hambatan. Biasanya, akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti, “Bagaimana caranya saya bisa tahu kalau intuisi saya benar? Bagaimana saya bisa begitu saja mempercayainya? Bagaimana kalau intuisi saya salah?”.

Jawabannya adalah, intuisimu selalu benar dan selalu aman bagi kamu untuk mempercayainya. Mengapa? Karena intuisimu bijaksana dan intuisi adalah suara penuh cinta dari inner self-mu. Tidak mungkin kan inner self-mu ingin mencelakaimu?

Lalu, bagaimana cara untuk belajar mempercayainya? Tidak ada cara cepatnya, tidak ada rahasianya, tidak ada juga cara untuk mengajarkanmu untuk percaya akan sesuatu. Kamu hanya perlu melakukannya, memberikannya kesempatan. Dari waktu ke waktu kamu akan belajar bahwa intuisimu sangat bisa dipercaya. Namun kamu perlu untuk ikhlas dan berserah pada petunjuk yang muncul dari dalam dirimu sendiri.

5. Bersyukur

Latihan terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengokohkan hubunganmu dengan inner self-mu adalah dengan bersyukur. Setiap kali kamu merasakan kehadiran intuisi, berterima kasihlah. Setiap kali kamu merasakan adanya dorongan atau penarikan dari dalam diri, bersyukurlah karenanya! Ketika kamu menyirami intuisimu dengan rasa syukur dan ucapan terima kasih, maka kamu sudah menguatkannya, menghargainya dan membantunya untuk terus bertumbuh.

Dapat berkomunikasi dengan inner self melalui intuisi dan berbagai media lainnya adalah hal yang menyenangkan. Selain bisa membantumu di berbagai aspek kehidupan, inner self juga bisa membantumu untuk mencapai tujuan hidupmu, mengarahkanmu ke berbagai hal yang selama ini kamu butuhkan dan fulfilling.

Setelah membaca 5 latihan di atas, apakah kamu merasa kelima hal tersebut sangatlah sulit untuk dilakukan? Cobalah hening sejenak dan resapi kelima poin di atas dan tuliskan saja apa yang kamu pikirkan pada kolom komentar di bawah!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter