witnessday

5 Cara Mengembangkan Potensi Diri

 

Awal tahun bisa dijadikan momen yang tepat untuk mencoba hal baru, membangun kebiasaan yang lebih baik dan juga bersiap untuk berbagai tantangan baru yang mungkin datang menghampiri. Namun untuk menghadapi berbagai hal baru, akan lebih baik jika kita mencoba untuk mengatasi ketakutan yang sudah ada sejak dulu. Namun setelahnya apa lagi yang harus dilakukan?

Mengembangkan potensi diri. Ya, itu yang sebaiknya kita lakukan. Potensi diri bisa diibaratkan seperti berbagai alat yang berada di dalam tas yang akan kita bawa selagi bertualang. Alat-alat tersebut akan membantu kita untuk mengatasi rintangan dan juga menyelesaikan berbagai masalah yang muncul selagi bertualang.

Namun, coba bayangkan jika selama kita bertualang kita tidak membuka tas kita dan menggunakan berbagai alat yang ada di dalamnya; apakah itu tidak sia-sia?

“Everyone has inside of him a piece of good news. The good news is that you don’t know how great you can be! How much you can love! What you can accomplish! And what your potential is!” – Anne Frank

 

Kita semua terlahir di dunia ini dengan potensinya masing-masing. Tetapi sayangnya ada banyak di antara kita yang masih belum mengembangkan potensinya. Bisa jadi rasa takut, khawatir, dan juga trauma di masa lalu yang terjadi menghambat kita untuk mengembangkan potensi diri. Coba kita pikirkan kembali, apakah tidak sayang jika kita hidup hanya untuk sekedar bertahan hidup dan tidak megembangkan berbagai potensi diri yang kita miliki? Apakah tidak percuma jika kita tidak menjalankan kehidupan ini semaksimal mungkin?

 

Jika kamu adalah salah satu orang yang bersemangat untuk mengembangkan potensi diri, kamu bisa mencoba beberapa tips singkat yang akan saya bagikan berikut ini:

1. Mengenali Diri Sendiri

Seberapa jauh kamu mengenal dirimu sendiri akan menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan potensi diri. Kamu bisa coba untuk berkenalan lebih jauh dengan dirimu sendiri melalui ikigai. Dengan mencari tahu apa ikigai kita, secara tidak langsung kita juga mempelajari diri kita sendiri; apa yang kita sukai, hal apa yang kita kuasai, hingga kemampuan apa yang kita miliki akan ditelusuri satu per satu untuk menemukan apa sebenarnya ikigai-mu.

2. Berdamai dengan ‘Hambatan’

Meski setiap orang sudah dibekali dengan potensi diri, namun tidak jarang di antara kita yang bertemu dengan hambatan. Hambatan ini bisa muncul dalam berbagai bentuk; apakah itu trauma di masa lalu, atau mungkin juga berbagai doktrin yang sudah ditanamkan sedari kecil oleh orang terdekat kita. Jika kita berhasil berdamai dengan hambatan terebut, maka kita akan dapat mengembangkan potensi diri.

3. Berani untuk Menampilkan Potensi Diri

Tidak sedikit juga di antara kita yang sudah mengetahui apa saja potensi dirinya, namun masih belum memiliki keberanian untuk menampilkannya. Anggap saja aktivitas yang menunjukkan potensi diri ini sebagai hal baru yang perlu dicoba, atau mungkin sebagai bentuk nostalgia karena dulu sempat pernah menjalankannya.

4. Mengatur Prioritas dan Rencanakan Pengembangannya

Sama seperti kemampuan yang kita miliki saat ini, kita pasti juga mendedikasikan waktu, tenaga dan perhatian kita agar kemampuan kita semakin terasah, bukan? Begitu juga potensi diri. Mulai sekarang, yuk coba untuk menjadikannya prioritas dan juga menjadwalkan rencana pengembangannya agar bisa terlihat perkembangannya sedikit demi sedikit.

5. Menjalani Hidup Selaras dengan Higher Self

Dalam kehidupan ini, kita seringkali mencoba untuk mengontrol segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Kita coba menata, menyusun, merencanakan, dan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan diri kita. Namun ternyata logika yang kita gunakan untuk mengontrol banyak hal ini terbatas. Tak heran kita seringkali menjadi stress ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang alam semesta hadirkan kepada kita. Dengan menjalani hidup yang lebih selaras dengan higher self kita, maka kita dapat menjadi lebih luwes untuk mengikuti bagaimana semesta memberikan jalan untuk kita. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menjalankan meditasi secara rutin.

 

Untuk menjalankan kelima hal ini memang bukanlah hal yang mudah. Diperlukan komitmen dan tekad yang kuat untuk menjalankan satu per satu tips di atas. Namun, jika kamu merasa ada beberapa poin yang sangat sulit untuk dijalankan, kamu bisa mengandalkan bantuan coach ataupun professional yang bisa membantu kamu menajalankan kelima hal ini dengan lancar.

 

Akhir kata, selamat mencoba dan jangan lupa untuk share pengalamanmu di kolom komentar! 😊

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter