witnessday

10 Nilai Hidup: Yang Mana Sajakah Kamu?

Ada yang bilang kita tidak bisa hidup tanpa cinta. Namun ada juga yang bilang bahwa kita tidak bisa hidup tanpa uang. Tetapi, ada juga orang yang berpendapat bahwa tidak ada yang lebih penting daripada integritas. Lalu yang mana yang benar? Sebenarnya kita tidak bisa hidup tanpa apa sih?

Selain sandang, pangan dan papan, jawaban lainnya adalah nilai hidup. Sesuatu yang kita pegang dalam kehidupan sehari-hari. Sesuatu yang berhubungan dengan apa yang kita lakukan sehari-hari. Nilai hidup ini tentunya juga akan sangat berkaitan erat dengan tujuan hidup kita.

Ada berapa banyak sih nilai hidup itu? Saat ini saya akan menjelaskan mengenai 10 nilai hidup yang bisa kita semua temukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Freedom

Seseorang yang menganggap hal ini penting, biasanya sangat mengagungkan atau mengindamkan kebebasan untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya untuk berkarya dan menyalurkan kreativitasnya melalui berbagai media menjadi berbagai bentuk yang diinginkannya.

2. Excitement

Ada juga orang yang sangat memuja excitement. Seseorang yang tidak suka kalau hidupnya datar, stabil dan penuh dengan rutinitas. Orang-orang ini yang menganggap bahwa percikan-percikan seperti sesuatu yang menantang dan seru dalam kehidupan bisa memicu excitement dalam hidupnya.

3. Self-indulgent

Untuk yang satu ini, mungkin tidak perlu saya jelaskan banyak. Self-indulgent akan sangat berkaitan dengan sesuatu yang mewah, indah, nikmat. Namun, hal-hal tersebut tidak melulu perihal uang. Orang yang memandang bahwa self-indulgent adalah sesuatu yang penting, ia akan sangat tertarik dengan apapun yang dapat menyenangkan seluruh indranya.

4. Achievement

Banyak orang yang hidup demi mendapatkan banyak achievement. Ia memiliki ambisi dan keinginan yang kuat untuk meraih sesuatu. Baginya, tidak menjalankan ambisinya adalah hidup yang sia-sia.

5. Power

Power di sini tidak melulu mengenai kekuatan fisik. Namun lebih berkaitan dengan otoritas. Dan biasanya hal ini sangat dekat dengan uang. Orang yang memegang nilai hidup ini merasa bahwa hidupnya akan sangat terpenuhi jika ia memiliki otoritas dalam banyak hal di hidupnya.

6. Security

Security di sini sangat berkaitan dengan tatanan sosial yang ada di sekitarnya. Ia yang memegang nilai hidup keamanan ini juga sangat menaruh perhatian pada keamanan keluarga, keamanan finansial, dan orang-orang terdekatnya.

7. Respect

Seseorang yang menjunjung nilai hidup respect biasanya merupakan seseorang yang sopan, disiplin dan sangat menjunjung tinggi respect kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

8. Tradition

Bagi orang yang menjunjung tinggi nilai ini, ia akan sangat menghargai budaya dan tradisi yang sudah terbentuk. Biasanya orang-orang ini nampak begitu sederhana, rendah hati dan merupakan seseorang yang taat pada berbagai aturan.

9. Helpful

Seseorang yang memegang nilai hidup ini pasti dikenal sebagai seseorang yang bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Ia adalah sosok yang bertanggung jawab, dan sangat sering membantu orang-orang di sekitarnya.

10. Protect the Environment

Orang-orang yang menjunjung tinggi nilai hidup ini, biasanya merupakan orang yang juga sangat menginginkan kesetaraan, kebijaksanaan, dan juga keadilan. Ia juga sosok yang sangat mengharapkan terjadinya perdamaian di dunia.

Setiap orang biasanya memegang beberapa nilai dalam hidupnya, tidak cuma satu. Nah, bagaimana dengan kamu? Nilai apa saja yang selama ini kamu pegang? Dan apakah nilai-nilai tersebut selaras dengan tujuan hidup kamu?

Jika sudah selaras, good! Karena dari sana, kita bisa mencoba menyelaraskan lebih lanjut ke berbagai aktivitas sehari-hari dan juga proses pengambilan keputusanmu. Misalnya, kamu memegang nilai manfaat dan memiliki tujuan untuk membangun NGO yang memberikan pendidikan gratis, maka kamu bisa menyelaraskannya ke dalam kehidupan sehari-hari; bekerja di bidang ke-relawan-an atau edukasi, menjalani kegiatan ke-relawan-an dan juga mempelajari lebih lanjut mengenai management dalam NGO.

Tidak berhenti sampai di sana; Proses pengambilan keputusan pun akan sesuai dengan nilai hidup yang kamu pegang. Jika kamu memegang nilai hidup tradition, kemungkinan besar kamu akan memilih menjalankan kebiasaan lama untuk liburan panjang bersama keluarga dibandingkan liburan panjang bersama teman-teman kantor.

Nah, bagaimana rencanamu untuk menyelaraskan seluruh nilai hidup, tujuan hidup dengan aktivitasmu sehari-hari dan proses pengambilan keputusanmu? Yuk bagikan ceritamu di kolom komentar!

Share the love...Share on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter